Kami sudah minta beberapa tips terbaik dari desainer web kami tentang bagaimana membuat sebuah website yang berpotensi untuk dilihat dan dikunjungi.

Pastikan Agar Mesin Pencari Tahu Keberadaan Anda

Biasanya proses indeks ini memakan waktu dua sampai lima minggu. Artinya, website Anda mungkin belum akan muncul di hasil pencarian dari, misalnya, Google dan Bing jika Anda mengetikannya. Proses itu bisa Anda percepat dengan cara mengirimkan URL (alamat web Anda, semisal www.naworlano.com) ke Google dan Bing (dengan mengirimkan URL ke Bing, URL itu otomatis akan terkirim ke Yahoo juga).

Tentukan Tujuan Website Anda

Sebelum menambahkan konten ke website atau bahkan memilih skema warna, tanyakan pada diri sendiri: kenapa? Kenapa aku membuat website ini, apa yang ingin kuraih dengannya? Jika Anda bisa menyimpulkan satu tujuan utama, maka akan lebih mudah untuk membangun website Anda dengan cara yang logis menurut Anda, dan intuitif bagi pengunjung. Cari tahu apa yang Anda harapkan untuk dilakukan oleh pengunjung di website Anda, dan tambahkan halaman serta konten yang bisa memenuhi keinginan mereka.

Buat Navigasi Tetap Bersih, Sederhana dan Logis

Apa pun tujuan dari website Anda, tentu Anda ingin agar website itu mudah dinavigasi. Kalau terlalu membingungkan atau terlalu banyak pilihan di menunya, pengunjung tidak akan betah berlama-lama di website Anda. Mungkin Anda sendiri tahu kekecewaan yang Anda rasakan jika tidak dapat menemukan sesuatu dengan cepat di sebuah website.

Jangan sampai pengunjung dibuat kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Mereka bisa saja beralih ke website lain untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Usahakan untuk mengutamakan kejelasan dan kesederhanaan dalam menu dan website Anda, dan Anda akan melihat bertambahnya jumlah pengunjung seiring waktu.

Buat Ciri Khas untuk Menampilkan Perbedaan Anda

Membuat ciri khas bagi diri sendiri hanyalah langkah pertama. Buat identitas online untuk website Anda – warna apa yang cocok dan apa tujuan dari situs itu? Penampilan seperti apa? Kesan apa yang ingin Anda tinggalkan pada pengunjung? Apakah Anda ingin sebuah website profesional atau blog pribadi apakah Anda menyapa pengunjung dengan formal atau tidak formal, dan sebagainya.

Tetapi tidak hanya sampai di situ saja. Coba temukan website yang serupa dengan website Anda, dan cari tahu bagaimana Anda bisa tampil menonjol dibanding yang lain. Mengapa orang harus mengunjungi website Anda, bukan lusinan website lainnya? Apa yang menjadikan Anda istimewa, hal khusus apa yang Anda miliki yang tidak dimiliki orang lain? Tampilkan ciri khas Anda, dan pamerkan di website Anda!

Uji Website Anda di Banyak Perangkat

Website SimpleSite didukung di komputer, tablet dan ponsel pintar. Jadi, ada baiknya jika Anda melihat tampilan website Anda di semua perangkat tersebut. Kalau Anda terbiasa mengedit website di komputer, periksa juga tampilannya di ponsel pintar (dan tablet, kalau punya) sesekali.

Pengunjung website Anda akan menggunakan beragam perangkat tersebut, jadi sebaiknya Anda ketahui apa yang akan mereka lihat saat mengunjungi website Anda. Desain yang terlihat bagus di website yang ditampilkan di komputer boleh jadi tidak begitu pada perangkat seluler. Anda bisa menggunakan tautan berikut untuk menguji tampilan website Anda pada beragam perangkat dan layar.